Festival Film Timur Tengah Disambut Kemarahan Anti-Islam


EDINBURG (Berita SuaraMedia) – Para pemrotes anti-Muslim akan mengadakan konvoi di Edinburg pada hari yang sama dengan gelaran festival film Timur Tengah di kota itu.
Liga Pertahanan Skotlandia (SDL) yang berhaluan kanan sedang mempersiapkan untuk menyelenggarakan reli pada tanggal 20 Februari dan dilaporkan telah menyebarkan email yang mengiklankan tanggal pelaksanaannya.
Even itu juga akan bertepatan dengan pertandingan Heart melawan Hamilton, menciptakan ketakutan yang diharapkan kelompok itu untuk menarik para penggemar sepakbola.
Juru bicara partai Konservatif, Bill Aitken, mengatakan bahwa
para pemrotes tidak akan diterima di ibukota.
Ia mengatakan, "Saya tidak melihat perlunya ada demonstrasi yang bersifat memecah belah dan dapat menimbulkan masalah seperti ini."
Festival film Timur Tengah akan digelar di Film house, Lothian Road, sebagai bagian dari Festival Perdamaian Timur Tengah selama satu bulan penuh.
Bulan lalu, SDL juga menggelar konvoi di Glasgow yang berujung pada kekerasan yang melibatkan para pemrotes fasis.
Bulan September, kesatuan polisi terbesar Skotlandia telah berjanji akan "menentang" sebuah demonstrasi yang dilakukan oleh ekstremis anti-Muslim jika event itu ditujukan untuk menimbulkan kebencian rasial.
Penggiat kampanye anti-rasis meyakini bahwa kelompok sayap kanan itu ingin menggelar reli di dekat sebuah Masjid di Glasgow, atau di sebuah lokasi yang dijadikan tempat ibadah oleh kaum Muslim di Kilmarnock.
SDL diduga berafiliasi dengan Liga Pertahanan Inggris (EDL), sebuah organisasi yang telah melakukan protes tahun ini terhadap apa yang disebutnya "Islam militan".
Kelompok Inggris tersebut, yang mengklaim tidak memiliki hubungan formal apa pun dengan Partai Nasional Inggris (BNP), melibatkan anggota-anggota BNP dan hooligan sepakbola dalam kegiatannya itu.
Niat SDL untuk mengelar demonstrasi di Skotlandia tanggal 30 /07 mengkhawatirkan pemerintah setempat, polisi, dan aktivis komunitas.
Pemerintah meyakini SDL telah mentarget George Square di Glasgow atau sebuah lahan di dekat gedung pengadilan sheriff sebagai lokasi demonstrasi.
Lokasi kedua dekat dengan Masjid Pusat Glasgow, pusat berkumpulnya 30.000 Muslim.
Pilihan lainnya yang dipertimbangkan untuk melakukan protes, menurut situs yang digunakan oleh para pendukung EDL, adalah Hillhead Tavern di Kilmarnock. Masyarakat Edukasional Al Huda dari Kilmarnock telah berharap untuk mengubah pub itu menjadi Masjid pertam adi Ayrshire.
Bagaimanapun, kepolisian Strathclyde siap untuk menghadapi aplikasi reli apa pun yang dapat menimbulkan ketegangan rasial.
Inspektur Brian Gibson memberitahukan dalam sebuah rapat umum di Glasgow bahwa pengajuan reli semacam itu tidak akan diterima oleh kesatuannya.
Kelompok-kelompok masyarakat memerlukan ijin dari dewan setempat jika sebuah reli membutuhkan penggunaan ruang publik, seperti George Square, atau jika prosesinya melibatkan penutupan jalan. Pada titik aplikasi formal inilah polisi dapat memberi saran pada pemerintah lokal tentang apakah sebuah even dapat dilangsungkan.
Osama saeed, ketua eksekutif Yayasan Islam Skotlandia, mengatakan, "Kami memberikan ucapan selamat kepada Dewan Kota Glasgow dan Kepolisian Strathclyde atas pendirian mereka terhadap SDL."
"Meski demikian, kemungkinannya akan tetap ada protes ilegal. Kami harus siap menghadapinya."
Seorang juru bicara kepolisian mengatakan, "Seorang petugas polisi yang hadir dalam rapat tersebut mengatakan bahwa jika sebuah aplikasi diterima dari sebuah kelompok yang kita yakini bertujuan menimbulkan kebencian rasial di jalanan, maka kepolisian Strathclyde akan menentangnya."
"Permintaan apa pun untuk mengadakan sebuah prosesi atau acara kumpul-kumpul diajukan ke pemerintah lokal terkait yang akan meneruskan aplikasi itu ke polisi dan pihak-pihak lain yang bersangkutan."
Juru bicara SDL mengatakan, "Akan terjadi demo. Kami tidak berada pada posisi untuk mempublikasikan jumlahnya, namun ada banyak dukungan dari seluruh rakyat Skotlandia untuk hal ini." (rin/sm/hs) www.suaramedia.com

http://www.suaramedia.com/berita-dunia/dunia-islam/13588-festival-film-timur-tengah-disambut-kemarahan-anti-islam.html

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template